Semut, Laba-laba dan Lebah

Semut, Laba-laba dan Lebah

Semut, Laba-laba dan Lebah adalah 3 jenis binatang kecil yang disebutkan dalam Alquran dan diabadikan dalam 3 Surah yaitu: an-Naml (semut), al-‘Ankabut (laba-laba), dan an-Nahl (lebah).

Ketiga binatang ini memiliki karakter dan sifat yang unik yang bisa kita jadikan pelajaran untuk kehidupan manusia.

Mari kita lihat perbedaannya satu persatu.

 

 

Semut

Sifat positif:

Hidup bersatu dalam koloni atau kelompok.

Semut adalah binatang yang sangat kompak dan menerapkan sifat gotong royong dalam kehidupan sehari-hari.

Rajin dan disiplin.

Semut adalah binatang yang rajin dan disiplin. Setiap hari semut bekerja keras mengumpulkan makanan sedikit demi sedikit untuk kelompoknya.

 

Sifat negatif:

Egois.

Semut adalah binatang yang egois dan hanya mementingkan kepentingan kelompoknya saja tanpa memperdulikan kelompok binatang lain.

Tamak.

Semut adalah binatang yang tamak karena sering memikul sesuatu yang lebih besar dari badannya demi mengumpulkan banyak makanan untuk kelompoknya. Semut bahkan mengumpulkan makanan untuk persediaan bertahun-tahun sedangkan usianya tidak lebih dari 1 tahun.

 

Kesimpulan:

Semut identik dengan manusia jaman sekarang yang hanya memikirkan tentang bagaimana mengumpulkan harta benda demi dirinya sendiri dan keluarganya tanpa memperdulikan orang lain.

 

Laba-laba

Sifat positif:

Cekatan/ahli membuat jaring.

Laba-laba sangat ahli dalam membuat jaring untuk tempat tinggalnya.

 

Sifat negatif:

Licik.

Laba-laba membuat jaring untuk dijadikan tempat tinggalnya dan juga sebagai perangkap untuk menjebak binatang kecil lainnya yang nantinya akan dijadikan mangsa dan dimakan.

Kejam.

Laba-laba bahkan memangsa pasangannya sendiri saat terjadi perkawinan.

 

Kesimpulan:

Laba-laba identik dengan manusia jaman sekarang yang hanya memikirkan tentang bagaimana mengumpulkan harta benda demi dirinya sendiri dengan menghalalkan segala macam cara yang bisa merugikan orang lain.

 

Lebah

Sifat positif:

Hidup bersatu dalam koloni atau kelompok.

Lebah adalah binatang yang sangat kompak dan menerapkan sifat gotong royong dalam kehidupan sehari-hari.

Rajin dan disiplin.

Lebah adalah binatang yang rajin dan disiplin dalam bekerja. Setiap hari lebah pergi mencari makanan kemana-mana. Dengan kecepatan terbang mencapai 65Km perjam, lebah bisa menempuh jarak 46Km nonstop setiap hari dalam mencari makanan.

Jiwa sosial tinggi.

Lebah yang berhasil menemukan makanan akan pulang memberitahukan kepada lebah lainnya letak makanan yang ditemukannya. Lebah berkomunikasi dengan lebah lain dengan cara menari.

Suka membantu.

Lebah mengambil makanan dari bunga dan setelah itu lebah membantu bunga menyebarkan serbuk sari kemana-mana sehingga bunga tersebut bisa tumbuh dimana-mana.

Tidak menyerang kecuali diserang.

Lebah adalah binatang yang baik dan sabar. Lebah tidak akan menyerang kecuali diserang. Lebah tidak seperti Tawon yang suka mengganggu meskipun tidak diganggu.

Bermanfaat.

Lebah menghasilkan madu, royal jelly, bee pollen, propolis, lilin lebah/malam (bee wax), serta racun lebah (bee venom) yang sangat bermanfaat untuk manusia.

 

Sifat negatif:

Tidak ada

 

Kesimpulan:

Lebah identik dengan manusia yang baik dan berjiwa sosial yang tidak hanya mencari rejeki/penghasilan untuk dirinya sendiri tapi juga mau membantu orang lain.

Dari keterangan di atas, kita bisa melihat bahwa lebah adalah binatang yang sifatnya boleh ditiru dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Jadilah manusia yang tidak hanya pandai dan kaya untuk diri sendiri tapi juga menggunakan kepandaian dan kekayaannya agar bermanfaat untuk orang banyak.

By: Uncle Bee

Leave a Reply